Thursday, August 22, 2013

Asal mula kain flanel

Haloow teman-teman blogger kuuw.. kali ini aku mau sharing tentang asal mula kain flanel, kain jenis ini aku suka banget karena selain warnanya bermacam-macam juga mudah untuk dibentuk menjadi bebagai macam apa yang kita inginkan, singkatnya I felt in love :)


Flanel merupakan jenis kain yang paling tua dalam sejarah manusia. Kain flanel bahkan lebih tua dari jenis kain rajut dan tenun. Di wilayah Turki, bekas-bekas pengaplikasian kain flanel yang ditemukan diperkirakan berasal dari tahun 6500 SM. Jenis kain flanel yang sangat rumit juga diketemukan dalam kondisi yang telah diawetkan pada sebuah makam di kawasan Siberia pada tahun 600M.
Banyak kebudayaan yang mempunyai legenda mengenai asal-usul kain flanel. Legenda Sumeria mengklaim bahwa rahasia pembuatan kain flanel ditemukan oleh seorang bernama Urnamman Lagash. Sementara Kisah Saint Christopher dan Santo Clement menceritakan bahwa saat melarikan diri dari penganiayaan, kedua pria ini membalut sandal dengan menggunakan wol untuk mencegah lecet, dan pada akhir perjalanannya, mereka mendapati tekanan kaki yang berlangsung terus menerus berhasil mengubah benang wol menjadi kain flanel.
Pembuatan kain flanel secara tradisional masih dilakukan masyarakat nomaden dari Asia Tengah dan bagian utara Asia Timur, tepatnya Mongol, yang mana tenda, karpet, dan pakaian dibuat secara tutun-temurun. Beberapa diantaranya merupakan barang tradisional, seperti Yurt klasik (Gers), sementara barang yang lain seperti sandal hias dirancang untuk kegiatan pasar wisata. Di dunia Barat, kain flanel banyak dimanfaatkan sebagai media ekspresi dalam seni tekstil dan desain, di mana flanel mempunyai makna sebagai tekstil ekologis.
Saat ini, kain yang dibuat dari serat wol tanpa proses penenunan ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan. Banyak kreasi-kreasi baru yang tercipta melalui pemanfaatan kain flannel ini, mulai dari gantungan kunci, bros, bando, pembungkus tempat tisu, pembungkus tabungan, dan masih banyak lagi kerajinan tangan yang menggunakan bahan dasar kain flannel.
Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan juga ya :)

No comments:

Post a Comment