Saturday, February 15, 2020

Resep membuat cilok (basic)

Alhamdulillah sudah ketemu weekend lagi berarti saatnya keluarga kumpul dirumah, tapi kalo lagi kumpul gini kurang rasanya kalo gak ada sesuatu buat dicemil ya, tadi pagi waktu aku nanya sama anak-anak mau dibikinin cireng atau cilok jawabnya kompak pingin bikin cilok. Nah maka dari itu dikesempatan kali ini aku mau sedikit share tentang bagaimana membuat cilok, sebetulnya untuk tekstur sesuai selera ada yang suka kenyal banget atau yang lembut juga ada itu tergantung perbandingan pemakaian tepung terigu dan tapiokanya atau kalau disini disebut dengan aci, mohon maaf sebelumnya karena aku tidak pernah memakai ukuran yang pasti tapi untuk resep kali ini aku pakai ukuran bahan.

RESEP MEMBUAT CILOK :

1. Tepung Terigu                  10 sdm
2. Tepung Aci                        1/4 kg
3. Bawang Putih                   2 Siung
4. Garam                                1 Sendok Teh
5. Penyedap /Kaldu ayam  1 SendokTeh
6. Air Matang                       1 Gelas / 2 Gelas
7. Daun Bawang (opsional)

CARA MEMBUAT :

1. Haluskan bawang putih

2. Masukan tepung terigu kedalam wajan kemudian campurkan dengan bawang putih halus (usahakan bawang putih ditumbuk dengan halus), masukan garam dan penyedap secukupnya dan larutkan dengan 2 gelas air sampai tercampur, masak dengan api kecil sampai meyerupai bubur dan menggumpal.

3. Setelah menggumpal matikan api dan masukan tepung tapioka/aci kedalam wajan berisi adonan tepung terigu yang sudah menggumpal tersebut, usahakan campur selagi masih panas karena apabila adonan terigu sudah dingin tidak bisa bercampur dengan baik.

4. Bisa masukan daun bawang yang sudah diiris (bila tidak suka juga tidak apa-apa, bagian ini bisa di skip)

5. setelah adonan tercampur dan sudah tidak lengket lagi ditangan maka siap untuk dibentuk bulat-bulat (bagian ini bisa melibatkan anak-anak juga lho)

6. siapkan air mendidih dan masukan sedikit minyak goreng supaya tidak menempel satu sama lain saat direbus, begitu sudah mengapung bulatan-bulatan cilok bisa diangkat dan saring.

7. Siap untuk disajikan

Ini penampakan ciloknya, nanti ya resep cilok kuahnya 

Karena ini hanya resep untuk membuat ciloknya maka bumbu kacangnya tidak aku jelaskan ya nanti dilain waktu ya.

Happy Weekend

No comments:

Post a Comment